4 Tips Berikut Ini, Sebelum Anda Memutuskan Membeli Charger Baru
4 Tips Berikut Ini, Sebelum Anda Memutuskan Membeli Charger Baru

Cobalah 4 Tips Berikut Ini, Sebelum Anda Memutuskan Membeli Charger Baru

Diposting pada

Cobalah 4 Tips Berikut Ini, Sebelum Anda Memutuskan Membeli Charger Baru – HANDPHONE bukan hal asing lagi saat ini. Banyak model handphone dengan merk tertentu yang menawarkan spesifikasi unggulan produk masing-masing. Namun, hal klasik yang sering ditemui pengguna handphone adalah charger yang sering bermasalah, mulai dari longgar hingga tidak mau mengisi.

Membeli charger baru tidak jarang menjadi jalan pintas yang diambil oleh pengguna handphone untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi. Padahal ada tips dan trik yang bisa dicoba untuk memperbaiki charger yang bermasalah tanpa harus membeli perangkat charger yang baru.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, masalah-masalah yang sering terjadi cukup beragam, mulai dari daya yang terlalu cepat terisi penuh, terlalu lambat, bahkan tidak dapat mengisi sama sekali. Semua permasalah ini tentunya ada yang bisa diatasi secara langsung oleh pemilik handphone, dan juga ada yang tidak sehingga pemilik handphone harus membeli perangkat charger handphone yang baru.

Saat charger handphone anda mengalami permasalah, sebaiknya angan terburu-buru memutuskan untuk membuangnya dan mengganti dengan charger yang baru. Ada baiknya anda mencoba tips dan trik berikut ini terlebih dahulu:

 

4 Tips Berikut Ini, Sebelum Anda Memutuskan Membeli Charger Baru

 

1. Coba bersihkan Port microUSB pada handphone atau charger

Cara simple yang harus anda coba pertama kali saat charger handphone anda bermasalah adalah dengan membersihkan port microUSB yang terdapat pada bagian kepala charger atau di handphone. Kenapa begitu? Karena hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa debu dan kotoran lain sering “bersarang” pada port micro USB tersebut, akibatnya aliran listrik menjadi terhalang. Oleh sebab itu, bersihkanlah kedua port tersebut agar aliran listrik bisa dengan lancar masuk ke handphone anda.

Baca Juga: 15 Langkah Mudah Menghemat Baterai Android

Untuk mencegah masuknya debu pada port micro USB handphone atau charger anda, maka taruhlah di tempat yang bersih dan usahakan untuk tidak menaruhnya di tempat yang rentan berdebu atau terbuka, mungkin ada baiknya anda ditaruh di kotak atau lemari yang lebih sedikit potensi debunya.

Baca Juga: 15 Langkah Mudah Menghemat Baterai Android

Tidak cukup sampai disitu, periksa juga keadaan port microUSB charger dan handphone anda apakah ada lempengannya yang bengkok atau berada pada posisi yang tidak tepat. Seringnya penggunaan yang dilakukan (mencolokkan dan mencabut charger pada port microUSB), maka hal ini bisa saja terjadi.

Nah, untuk memperbaikinya cobalah dengan meggunakan tusuk gigi atau jarum peniti yang tumpul. Anda juga disarankan untuk mematikan handphone terlebih dahulu serta mencabt baterainya sebelum melakukan pemeriksaan dan pembersihan pada port microUSB handphone anda, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Periksalah kabel charger anda

Komponen charger handphone yang paling rentan adalah kabelnya, bukan adaptor yang menemel pada colokan listrik. Oleh sebab itu, jika tips dan trik yang pertama tidak membuahkan hasil alias memecahkan permasalahan charger anda, maka cobalah memeriksa kabelnya. Permasalahan pada kabel charger bisa terjadi akibat terlalu sering digulung, tertekuk, dan lain sebagainya.

Jika antara kabel USB dan adaptor charger anda terpisah, cobalah untukutnuk menggunakan kabel USB lain terlebih dahulu, ini untuk memastikan apakah adaptor masih berfungsi normal atau tidak. Sekiranya memang terjadi masalah hanya pada kabel USB, maka anda tidak perlu repot-repot membeli adaptornya, cukup membeli kabel USB nya saja.

Lakukanlah percobaan berulang kali pada kabel USB dan adaptor charger anda, agar anda benar-benar yakin komponen manakah yang bermasalah atau mengalami kerusakan. Namun, jika model charger anda tidak terpisah antar kabel USB dan adaptornya, maka otomatis jalan satu-satunya adalah membeli charger baru, dengan catatan tips pertama tidak berhasil mengatasi permasalah charger anda.

3. Periksalah kualitas charger handphone anda

Jika charger yang anda gunakan adalah charger asli maka tips dan trik di atas mungkin sudah cukup membantu mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada charger handphone anda. Namun, jika charger yang anda gunakan bukan charger asli dari produsen handphone alias KW, maka hal tersebut juga layak untuk diperhatikan. Oleh karena itu, sebelum membeli charger baru hendaknya perhatikan terlebih dahulu daya yang mampu disalurkan, dan pastikan juga apakah jumlah daya tersebut sama dengan charger asli. Hal yang sama juga harus anda perhatika ketika berniat membeli power bank.

4. Gantilah baterai handphone anda

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan proses pengisian daya baterai alias charging tidak berjalan semestinya adalah baterai yang sudah rusak. Kondisi fisik baterai handphone harus selalu diperhatikan, apakah masih dalam keadaan baik atau tidak, apakah terdapat tonjolan, komponen yang bengkok, cover baterai yang terbuka, atau hal lainnya.

Jika terdapat ciri-ciri di atas pada baterai handphone anda, maka membeli baterai baru adalah solusi tepat yang harus anda lakukan. Pastikan baterai yang anda beli adalah baterai orisinil atau baterai dari pihak ketiga yang terpercaya, untuk menghindari kejadian yang sama dikemudian hari.

Hal yang harus anda pahami dan perlu diingat, bahwa baterai handphone atau tablet normalnya bisa bertahan dan bekerja dengan baik selama jangka waktu 2 tahun. Setelah itu biasanya baterai akan mulai mengalami penurunan kapasitas dan kinerja. Jadi, jika sebelum waktu 2 tahun terjadi masalah pada baterai handphone anda, kemungkinan besar baterai tersebut mengalami kerusakan.

 

 

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *