Cara Ampuh Mengecas HP Jadi Lebih Cepat
Cara Ampuh Mengecas HP Jadi Lebih Cepat

7 Cara Ampuh Mengecas HP Jadi Lebih Cepat

Diposting pada

7 Cara Ampuh Mengecas HP Jadi Lebih Cepat – Usia daya ponsel yang kita miliki tak selamanya akan bertahan dan bisa digunakan, datya baterai pada ponsel tentu akan ada habisnya dan saat hal itu terjadi kamu perlu mengisi ulang daya baterai tersebut. Proses ngecas hp android bisa memakan waktu cepat ataupun lambat.

Pengguna smartphone yang proses ngecasnya ngecasnya cepat mungkin mereka menggunakan aplikasi untuk mempercepat proses pengisian daya hp android yang banyak bertebaran di playstore. Atau mungkin mereka yang ponselnya memiliki fitur fast charging yang akan sangat membantu pengisian android agar lebih cepat.

Lalu bagaimana dengan kamu yang punya ponsel namun tidak mendukung fiur fast charging? Nah, dalam artikel ini akan kita bahas mengenai solusi atas problem tersebut dan kamu tidak lagi harus menunggu hingga berjam-jam untuk sekedar mengecas ponsel. Namun sebelum beranjak, kamu wajib tahu terlebih dahulu penyebab mengapa hp mu memakan waktu lama untuk mengisi daya.

 

7 Cara Ampuh Mengecas HP Jadi Lebih Cepat

 

  1. Matikan Smartphone

Dalam keadaan menyala, smartphone jelas akan memakan daya baterai, entah itu sedikit ataupun banyak. Intinya, banyak proses yang berjalan di belakang layar yang ikut memakan daya baterai kamu.

Jadi, agar pada saat pengisian hanya ada daya yang masuk tanpa ada daya yang keluar, maka disarankan agar mematikan hp saat proses pengisian daya baterai.

  1. Gunakan Mode Terbang atau Pesawat (Airplane Mode)

Bagi sebagian orang mematikan smartphone menjadi hal yang enggan dilakukan, sebab saat smartphone mati dan kita hendak menggunakannya, kita harus menunggu beberapa saat sampai proses booting selesai. Untuk itu, solusi buat kamu yang malas mematikan hp, gunakanlah mode terbang. Dengan memanfaatkan fitur yang satu ini, daya baterai yang dikonsumsi akan lebih sedikit karena hp akan berhenti mencari jaringan internet. Tidak perlu waktu banyak, cukup satu klik saja dan kamu sudah masuk dalam mode terbang.

  1. Istirahatkan Smartphone

Saat ponsel dimatikan maupun masuk dalam mode terbang, kamu akan mengalami beberapa kerugian, diantaranya kamu tidak akan mendapatkan notifikasi saat ada pesan masuk. Jika hal itu terjadi, bisa saja kamu akan ketinggalan kabar-kabar penting hanya karena ingin mempercepat proses ngecas.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Smartphone Baru

Untuk itu, ada solusi lain. Kamu bisa melakukan pengisian daya dengan cepat tanpa mematikan ataupun menggunakan mode terbang. Yakni dengan cara mengecas hp tanpa menggunakannya. Sebab saat hp dalam keadaan dicas dan kamu gunakan, lebih-lebih digunakan untuk main game, maka daya baterai akan keluar lebih banyak. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk meminimalisir penggunaan hp saat ngecas.

  1. Sumber Listrik

Pastikan bahwa kamu menggunakan daya listrik yang cukup untuk mengisi daya baterai ponsel. Jangan gunakan sumber listrik yang memiliki tegangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Sebisa mungkin hindari pula mengecas lewat port USB laptop, karena daya yang dikeluarkan sedikit, hal itu akan menyebabkan proses mengecas menjadi lebih lama.

  1. Gunakan Charger Asli

Semua orang juga tau, bahwa yang original selalu lebih baik. Pastikan kamu menggunakan charger asli yang original bawaan hp agar bateraimu cepat penuh, karena biasanya charger original dibuat oleh produsen dengan memperhatikan kualitasnya.

Output daya charger original juga dibuat cocok dengan baterai smartphone kamu, jadi selain relatif lebih cepat dalam hal pengisian daya baterai, baterai kamu juga akan bertahan lebih lama.

  1. Gunakan Charger dengan Ampere besar

Tips yang berikutnya khusus buat kamu yang tidak puas dengan charger bawaan. Cobalah gunakan charger dengan arus ampere yang lebih besar. Jika Ampere chargermu hanya 1A, maka coba gunakan charger dengan output 2A. Dengan begitu, dapat dipastikan proses charging akan lebih cepat.

Namun dalam hal ini kamu wajib memperhatikan betul-betul input arus maksimal yang bisa ditahan oleh baterai kamu. Pastikan penahan arus maksimal baterai memadai untuk menggunakan charger dengan output yang lebih besar dari sebelumnya. Karena jika tidak, alih-alih mengecas lebih cepat, baterai kamu malah akan rusak.

  1. Gunakan Aplikasi Ngecas Cepat

Ada banyak sekali aplikasi charging yang diprakarsai oleh pihak ketiga yang bertebaran di playstore dan dapat diunduh secara Cuma-Cuma alias gratis. Mencarinya cukup mudah, tinggal kamu ketik saja kata kunci “download aplikasi fast charging apk” atau bisa juga dengan kata kunci “aplikasi pengisian baterai”.

Itulah tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pengisian daya baterai hp android. Tutorial ngecas cepat ini pasti akan bekerja di berbagai macam merk hp jaman now seperti xiaomi, samsung, asus atau produsen lainnya. Jika sudah ketemu cara mempercepat pengisian baterai, selanjutnya kamu hanya perlu mencari cara agar konsumsi baterai hp android kamu jadi lebih irit.

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *