5 Cara Mengantisipasi dan Melawan Si Perusak Sistem Android (Virus Dan Malware)
5 Cara Mengantisipasi dan Melawan Si Perusak Sistem Android (Virus Dan Malware)

5 Cara Mengantisipasi dan Melawan Si Perusak Sistem Android (Virus Dan Malware)

Diposting pada

5 Cara Mengantisipasi dan Melawan Si Perusak Sistem Android (Virus Dan Malware) – Layaknya parasit yang mesti dibasmi habis, virus dan malware juga membutuhkan perhatian khusus dalam penanganannya. Bukan hanya PC, perangkat mobile berupa smartphone dan tablet pun ikut diserang oleh si perusak sistem ini. Di antara perangkat mobile itu, android menjadi sasaran empuk serangan virus dan malware.

Penyebaran virus dan malware diberbagai android yang semakin meresahkan para pengguna tentu harus segera ditangani secara maksimal. Untuk itu, kita harus menjadi pengguna android yang cerdas dengan memahami langkah-langkah antisipasi hadirnya virus dan malware, serta bagaimana membasmi tuntas si perusak sistem tersebut.

 

Tanda-tanda HP yang terjangkiti virus dan malware

 

Kita tentu dapat merasakan beberapa kejanggalan pada android yang selalu kita gunakan, namun apakah kejanggalan itu adalah virus atau malware ? Berikut karakteristiknya.

  1. Lemotnya performa android

Malware menyerang android melalui berbagai kegiatan yang tidak sedikit. Kegiatan-kegiatan ini mengakibatkan performa android menurun dan lemot.

  1. Baterai yang tidak tahan lama

Sekarang terdapat berbagai fitur untuk menghemat pemakaian baterai, kita tinggal download aplikasinya dan rasakan manfaatnya. Tetapi, jika fitur ini tidak berfungsi dan daya baterai anda masih cepat habis, berhati-hatilah, malware mungkin menjadi penyebabnya.

  1. Sambungan telepon yang sering terhenti

Jaringan telepon yang kurang kondusif biasa menyebabkan sambungan telepon kita terhenti saat pembicaraan berlangsung. Tetapi bagaimana jika jaringan bagus tapi sambungan telepon tetap terputus ? Tidak bisa dipungkiri, malware dapat menjadi biang keladinya.

Langkah pembasmian si perusak sistem android

Langkah pertama dan sangat gampang untuk diterapkan dalam pembasmian si perusak sistem adalah dengan menginstal software anti virus atau anti malware terpercaya pada android anda. Terdapat beberapa aplikasi yang dianjurkan penggunaannya, yaitu:

  1. 360 security

Anda dapat temukan aplikasi ini di Play Store, aplikasi ini digadang-gadang bisa membasmi virus-virus nakal dari android anda. Di samping itu, proses scanning yang dilakukan si aplikasi andalan ini, dianggap mampu memproteksi android dari serangan virus-virus mematikan.

Baca Juga: 4 Tips Membeli Handphone Bekas Berkualitas

Penggunaan aplikasi ini tergolong mudah, anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi tersebut. Di awal tampilan anda akan dihadapkan pada 3 menu pokok, Boost, Clean, dan Antivirus. Kemudian pilih bagian Antivirus, selanjutnya klik ”Scan” hingga proses pemindaian virus dimulai. Setelah proses scanning selesai, silahkan klik ”Repair All”. Begitulah langkah-langkah penggunaan aplikasi ini, mudah bukan?. Tidak hanya untuk pembersihan virus, aplikasi ini ternyata juga mampu meningkatkan performa android melalui program Boost yang ditawarkannya.

  1. AVG antivirus

Pengguna gadget tentu tidak akan heran dengan aplikasi ini, selain handal dalam pembasmian virus pada PC, AVG antivirus ternyata juga dipercaya sebagai aplikasi antivirus untuk android. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, AVG Antivirus termasuk sederhana dalam penggunaannya. Berikut langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasi AVG Antivirus pada perangkat android anda
  2. Klik ”Scan” setelah proses instal selesai.
  3. Setelah proses scanning sempurna dilakukan, AVG Antivirus akan memberitahu anda kendala yang terdapat pada android.
  4. Selanjutnya anda hanya perlu klik ”Resolve”. Android anda pun bebas dari virus.
  5. Avast Mobile Security

Tidak berbeda dengan 2 aplikasi terdahulu, AMS termasuk aplikasi antivirus yang mudah digunakan. Anda hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi ini pada android anda, lalu pilih Avast Security Basic agar aplikasi ini bisa digunakan dengan gratis. Kemudian pilih ”Scan”, android anda terlindungi dari virus.

  1. Clean Master

Telah di unduh lebih dari 24 juta pengguna, aplikasi ini menawarkan layanan perlindungan android dari virus-virus berbahaya. Langkah penggunaannya sangat mudah untuk diterapkan, yaitu: download dan instal aplikasinya, klik tombol ”Start”, lalu anda akan dihadapkan pada 4 pilihan menu, junk files, phone boost, antivirus, dan CPU Cooler. Pilihlah menu ”Antivirus”. Biarkan aplikasi ini bekerja membasmi virus-virus yang menjangkiti android anda dan lihat hasilnya.

  1. Security master

Virus-virus berbahaya juga bisa dibasmi dengan aplikasi andalan ini, para pengguna android akan disuguhkan dengan cara kerja yang mudah. Berikut langkah penggunaannya: tentu anda harus mendownload dan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu pada perangkat anda, masuklah pada aplikasi tersebut dan klik ”Scan”, beberapa saat kemudian klik ”Resolve All” untuk menyingkirkan semua virus yang menyebar.

Bagaimana memproteksi android dari serangan virus dan malware?

Langkah teraman agar android anda bebas dari virus dan malware adalah dengan tidak mendownload aplikasi apapun, tidak menyambungkannya dengan akses internet, dan tidak pernah terhubung dengan perangkat lain. Tetapi apakah itu mungkin? Tentu tidak, di zaman dunia maya sekarang ini. Namun, anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa langkah untuk menjauhkan android anda dari virus dan malware mematikan.

  1. Pahamilah jenis aplikasi yang ingin diunduh melalui review-review yang diberikan pengguna sebelumnya.
  2. Gunakan aplikasi dengan pembuat yang terpercaya, jangan asal download aplikasi yang anda inginkan.
  3. Prioritaskan penggunaan Play Store untuk mendownload aplikasi, jangan mudah tergiur untuk memanfaatkan market aplikasi lain.
  4. Jeli dan cerdaslah dalam memberikan akses Superuser, agar android anda tidak dikendalikan oleh malware-malware nakal.
  5. Rajinlah melakukan scanning virus dan malware.

Setiap perangkat mobile tentu berpeluang untuk terjangkiti oleh virus dan malware, oleh karena itu jadilah pengguna yang peduli pada keamanan perangkat anda dengan memperhatikan dan menfilter setiap penggunaan aplikasi yang anda inginkan.

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *